TUGAS SOFTSKILL KE-3 : "ANALISA SWOT PADA DIRI SENDIRI DAN WEBSITE BISNIS"

NAMA           : CANDRA BUDI YUSUF
NPM              : 51412548
Kelas              : 4IA23
Dosen            : Dr. RINA NOVIANA, SKom,. MMSI
Mata Kuliah : PENGANTAR BISNIS INFORMATIKA



Analisa SWOT

Pada tugas kali ini akan membahas mengenai analisa SWOT, dimana analisis SWOT adalah suatu bentuk analisis di dalam manajemen perusahaan atau di dalam organisasi yang secara sistematis dapat membantu dalam usaha penyusunan suatu rencana yang matang untuk mencapai tujuan, baik itu tujuan jangka pendek maupun tujuan jangkan panjang.
Atau definisi analisis SWOT yang lainnya yaitu sebuah bentuk analisa situasi dan juga kondisi yang bersifat deskriptif (memberi suatu gambaran). Analisa ini menempatkan situasi dan juga kondisi sebagai sebagai faktor masukan, lalu kemudian dikelompokkan menurut kontribusinya masing-masing. Satu hal yang perlu diingat baik-baik oleh para pengguna analisa ini, bahwa analisa SWOT ini semata-mata sebagai suatu sebuah analisa yang ditujukan untuk menggambarkan situasi yang sedang dihadapi, dan bukan sebuah alat analisa ajaib yang mampu memberikan jalan keluar yang bagi permasalahan yang sedang dihadapi.

SWOT adalah singkatan dari :
  • S = Strength (Kekuatan).
  • W = Weaknesses (Kelemahan).
  • O = Opportunities (Peluang / Kesempatan).
  • T = Threats (Hambatan/Ancaman).
Penjelasan tentang SWOT secara terperinci
  1. S (Strengths) : Yaitu analisis kekuatan, situasi ataupun kondisi yang merupakan kekuatan dari suatu organisasi atau perusahaan pada saat ini.  Yang perlu di lakukan di dalam analisis ini adalah setiap perusahaan atau organisasi perlu menilai kekuatan-kekuatan dan kelemahan di bandingkan dengan para pesaingnya. Misalnya jika kekuatan perusahaan tersebut unggul di dalam teknologinya, maka keunggulan itu dapat di manfaatkan untuk mengisi segmen pasar yang membutuhkan tingkat teknologi dan juga kualitas yang lebih maju.
  2. W (Weaknesses) : Yaitu analisi kelemahan, situasi ataupun kondisi yang merupakan kelemahan dari suatu organisasi atau perusahaan pada saat ini. Merupakan cara menganalisis kelemahan di dalam sebuah perusahaan ataupun organisasi yang menjadi kendala yang serius dalam kemajuan suatu perusahaan atau organisasi.
  3. O (Opportunities) : Yaitu analisis peluang, situasi atau kondisi yang merupakan peluang diluar suatu organisasi atau perusahaan dan memberikan peluang berkembang bagi organisasi dimasa depan. Cara ini adalah untuk mencari peluang ataupun terobosan yang memungkinkan suatu perusahaan ataupun organisasi bisa berkembang di masa yang akan depan atau masa yang akan datang.
  4. T (Threats) : Yaitu analisis ancaman, cara menganalisis tantangan atau ancaman yang harus dihadapi oleh suatu perusahaan ataupun organisasi untuk menghadapi berbagai macam faktor lingkungan yang tidak menguntungkan pada suatu perusahaan atau organisasi yang menyebabkan kemunduran. Jika tidak segera di atasi, ancaman tersebut akan menjadi penghalang bagi suatu usaha yang bersangkutan baik di masa sekarang maupun masa yang akan datang.
Manfaat dari analisis SWOT
Metode analisis SWOT bisa dianggap sebagai metode analisis yangg paling dasar, yang bermanfaat untuk melihat suatu topik ataupun suatu permasalahan dari 4 empat sisi yang berbeda. Hasil dari analisa biasanya berupa arahan ataupun rekomendasi untuk mempertahankan kekuatan dan untuk menambah keuntungan dari segi peluang yang ada, sambil mengurangi kekurangan dan juga menghindari ancaman. Jika digunakan dengan benar, analisis ini akan membantu untuk melihat sisi-sisi yang terlupakan atau tidak terlihat selama ini. Dari pembahasan diatas tadi, analisis SWOT merupakan instrumen yang bermanfaat dalam melakukan analisis strategi. Analisis ini berperan sebagai alat untuk meminimalisasi kelemahan yang terdapat dalam suatu perusahaan atau organisasi serta menekan dampak ancaman yang timbul dan harus dihadapi.
Analisa SWOT bukan hanya ada pada suatu bisnis, tetapi juga terdapat pada diri sendiri, pada tugas kali ini akan menganalisis SWOT tentang diri sendiri, dan berikut adalah analisisnya :

Analisa SWOT Diri Sendiri
Strength (Kekuatan)
Weaknesses (Kelemahan)
  1. Kemampuan manajemen waktu yang cukup baik
  2. Tegas
  3. Tepat Waktu (Tidak suka terlambat)
  4. Memiliki rasa ingin tahu lebih
  5. Berpenampilan rapih.
  6. Peduli kepada sesama
  1. Ceroboh
  2. Kurang percaya diri
  3. Sedikit lambat dalam mempelajari sesuatu
  4. Sering lupa
  5. Pemalu
Opportunities (Kesempatan / Peluang)
Threats (Ancaman)
  1. Memiliki banyak teman-teman yang hebat
  2. Memiliki semangat untuk maju yang tinggi
  3. Banyak relasi tentang usaha rumah makan
  1. Terkadang mudah terpengaruh oleh teman yang malas
  2. Niat yang mudah hilang

Pada tugas kali ini saya akan membahas tentang analisa SWOT pada web bisnis, dimana pada analisa ini saya akan menganalisa tentang web e-commerce OLX Indonesia, bhinneka.com dan enterkomputer

Toko Online
http://olx.co.id/
(situs web iklan baris di Indonesia yang difokuskan untuk membeli dan menjual produk serta jasa online)

Analisa SWOT merupakan salah satu metode untuk menggambarkan kondisi dan mengevaluasi suatu masalah, proyek atau konsep bisnis yang berdasarkan faktor internal (Strengths, Weakness) dan faktor eksternal (Opportunities dan Threats).
OLX adalah sebuah situs web iklan baris di Indonesia yang difokuskan untuk membeli dan menjual produk serta jasa online. OLX Indonesia adalah tempat untuk mencari barang baru atau bekas berkualitas seperti produk elektronik, otomotif, rumah, peralatan rumah tangga, aneka jasa, dan juga lowongan kerja.
Pasang iklan gratis adalah salah satu layanan yang disediakan oleh OLX Indonesia untuk para penjual. Dalam melakukan transaksi di OLX Indonesia, baik jual ataupun beli, juga tidak dikenakan biaya. Tidak hanya itu, OLX Indonesia juga dapat menjadi search engine yang friendly karena bukan hanya pengunjung situs yang dapat menemukan iklan yang dipublikasikan, tetapi juga orang-orang yang mencari produk dan jasa melalui search engine seperti Google juga akan menemukan iklan tersebut. OLX Indonesia memiliki slogan "Cara Tepat Jual Cepat".
Jika menginginkan publikasi yang maksimum dan gratis serta mendapat keuntungan dari barang-barang yang dijual, maka OLX adalah tempatnya.

Dan berikut adalah analisa SWOT tersebut :
  1. Strengths (Kekuatan)
    • OLX sangat mudah diakses dalam hal mendaftar, menjual (memasang iklan) ataupun membeli
    • Cara mendaftar atau membuat akun gratis
    • Mudah ditemukan di search engine
    • Tidak hanya bisa menjual barang baru, tetapi juga bisa menjual barang bekas yang masih bisa dipergunakan (dari segi penjual)
    • OLX sudah terkenal
  2. Weaknesses (Kelemahan)
    • Masih terdapat penjual yang menjual barang bekas (dari segi pengunjung atau pembeli atau pelanggan)
    • Rawan penipuan akibat bebasnya memasang iklan
    • Tampilannya terlalu monoton
    • Masih ada beberapa barang yang kualitasnya belum terjamin keasliannya
  3. Opportunities (Peluang)
    • Bisa menguntungkan orang yang menjual barang secara jujur
    • OLX lebih mudah dan lebih familiar dimasyarakat, jadi banyak pelanggan / pengunjung yang mengunjungi
    • Bisa jadi peluang bisnis dalam berjualan secara online tanpa harus mengeluarkan biaya seperti pada berjualan yang memiliki toko fisik
  4. Threats (Ancaman)
    • Banyaknya  persaingan harga dan kualitas dengan online shop lainnya
    • Masih banyak barang-barang yang kualitasnya kurang bagus, bisa mengakibatkan pengunjung beralih ke toko online lain.
    • Banyak penjual yang tidak jujur dalam menjual barang

Toko Online
www.bhinneka.com
(sebuah perusahaan dagang berbasis pada perdagangan teknologi, namun juga menjual berbagai keperluan rumah, dapur, pakaian dan bahkan beragam hobi lainnya.)

Bhinneka.com adalah sebuah perusahaan dagang berbasis pada perdagangan teknologi, namun juga menjual berbagai keperluan rumah, dapur, pakaian dan bahkan beragam hobi lainnya. Fokus perdagangan pada barang-barang elektronik berteknologi terlihat pada link “home”nya yang selalu mempromosikan dan mengupdate barang-barang elektronik pada umumnya.
Perusahaan ini merupakan perusahaan dengan transaksi berbasis online (pada konsumen). Para peminat produk teknologi dapat melihat-lihat produk yang dijual melalui webstore Bhineka.com lengkap dengan deskripsi dan bahkan untuk produk tertentu disertakan pula ukuran produk. Dalam melakukan pengiriman sediaannya yang dibeli, Bhineka.com menggunakan jasa pengiriman diluar perusahaan seperti TiKi, atau JNE.

Dan berikut adalah analisa SWOT pada bhinneka.com tersebut :
  1. Strengths (Kekuatan)
    • Bhinneka.com memiliki fiture-fiture yang penting yang sekiranya dibutuhkan oleh konsumen dalam memudahkan terjadinya transaksi
    • Mudah diakses oleh pengguna
    • Cara mendaftar atau membuat akun gratis
    • Berguna bagi mereka yang ingin memasang iklan di webstore Bhinneka.com
    • Memiliki Bhinneka mobile app yaitu Aplikasi khusus yang dapat di unduh oleh siapa saja melalaui handphone / smartphone untuk memudahkan pelanggan / customer dalam melakukan peninjauan barang pada store Bhinneka.com serta melaksanakan fitur-fitur yang disediakan oleh Bhinneka,com
    • Memiliki fiture Bhinneka Affiliate yaitu sebuah program yang disediakan oleh Bhinneka.com bagi para pemilik website / blogger yang mana situsnya ramai dikunjungi orang, untuk menyambungkan link barang yang dijual oleh Bhinneka.com. Dan apabila produk yang di-link-kan tersebut kemudian dibeli oleh customer melalui link tersebut (yang tidak disediakan Bhinneka.com) maka pemilik website / blogger itulah yang mendapatkan fee atas terjualnya barang sediaan Bhinneka tersebut melalui link pemilik website / blogger.
  2. Weaknesses (Kelemahan)
    • Tidak terdapat fasilitas retur barang yang memudahkan konsumen untuk melaksanakan retur sebab, barang elektronik apabila tidak memiliki perawatan terhadap sediaan dengan baik cenderung menjadi rusak.
    • Rawan akan pemasangan iklan yang palsu
    • Hal ini dapat dicegah dengan membentuk tim penerimaan barang retur dan membuat form pengembalian barang oyang harus diisi oleh konsumen yang akan melakukan retur barang sehingga, retur dapat dicatat denga baik dan perbaikan terhadap sediaan yang masih mungkin, dapat dilakukan untuk mencegah adanya kerugian yang cukup besar.
    • Divisi penanganan khusus untuk barang diluar elektronik. Karena walaupun Bhinneka.com memiliki diferensiasi atau yang fokusnya terletak pada barang elektronik, tidak menutup kemungkinan bahwa barang-barang sediaan lainnya seperti barang hobi dan alat-alat rumah tangga / ATK kemudian akan laku dipasaran
  3. Opportunities (Peluang)
    • Kenaikan daya beli yang terjadi akhir-akhir ini yang dimiliki oleh penduduk Indonesia merupakan kesempeatan yang bagus untuk bisnis dapat berkembang di Indonesia, menjadikan Indonesia pasar yang bagus bagi bisnis yang berkembang.
    • Bhinneka.com dapat terus berkembang sampai dalam jangka waktu yang sangat lama. Hal ini didukung pula oleh trend bisnis online yang terus meningkat seiring dengan meningkatnya mobilitas penduduk Indonesia yang tinggi dengan beragam aktivitas maka, bisnis online memberikan jawaban atas kebutuhan penduduk Indonesia berupa kemudahan bagi penduduk Bisa jadi peluang bisnis dalam berjualan secara online tanpa harus mengeluarkan biaya seperti pada berjualan yang memiliki toko fisik.
    • Kondisi di Indonesia yang tidak pasti membuat Bhinneka.com sebagai bisnis dengan basis online, mampu untuk menyesuaikan dengan kebutuhan publik sehingga, memberikan keuntungan yang tersendiri bagi Bhinneka.com untuk memenuhi tuntutan publik.
  4. Threats (Ancaman)
    • Besarnya persaingan usaha. Banyaknya persaingan pesaing yang masuk kedalam pasar dagang dengan produk elekrtonik / gadget impor membuat Bhinneka.com harus bersaing dalam rangaka mendapatkan pelanggan dalam jumlah yang banyak.
    • Masih banyak barang-barang yang kualitasnya kurang bagus, bisa mengakibatkan pengunjung beralih ke toko online lain.
    • Banyak penjual yang tidak jujur dalam menjual barang

Toko Komputer (Enter Komputer)
www.enterkomputer.com
( Bisnis Jual Beli Barang Barang berbasis IT via online dan offline )

Enterkomputer adalah salah satu toko komputer terlengkap yang berlokasi di Mangga Dua Mall, Jakarta Pusat. Dan menyediakan berbagai produk Elektornik Komputer aksesorisnya dan spare partnya.
Jika ingin membeli barangnya via online maka bisa mengakses websitenya, kemudian memilih barang yang akan dibeli dan pembeli juga bisa melihat terlebih dahulu barang yang akan di beli nya kemudian seperti berbelanja online lainnya, pembeli akan di wajibkan membayar via online kemudian pihak enterkomputer akan mengirimkan barangnya kepada pembeli dalam waktu kurang lebih 1 minggu. Dan jika ingin membeli langsung ditokonya, maka bisa langsung dating ke tokonya, memilih barang dan membelinya seperti membeli barang pada took-toko pada umumnya.

Dan berikut adalah analisa SWOT tersebut :
  1. Strengths (Kekuatan)
    • Enterkomputer sudah familiar dimasyarakat dan sudah terkenal
    • Memiliki toko fisik yang jelas
    • Memiliki website dan bisa membeli secara online
    • Memiliki jenis-jenis tipe barang computer, aksesoris dan sparepart yang lengkap.
  2. Weaknesses (Kelemahan)
    • Jika ingin membeli, harga yang tidak bisa ditawar seperti membeli barang pada umumya
    • Harus menunggu barang yang ingin dibeli kurang lebih 1 minggu untuk sampai dirumah (jika membeli online)
  3. Opportunities (Peluang)
    • Sedikit persaingan, karena sedikit toko yang menjual komputer, aksesoris dan sparepartnya secara lengkap.
    • Sudah dikenal masyarakat banyak
    • Tempat toko yang stategis
  4. Threats (Ancaman)
    • Masih sedikitnya toko yang besar dan lengkap seperti enterkomputer, maka akan muncul competitor-kompetitor baru.
    • Pelayanan yang sedikit lama, akan membuat pembeli bosan, dan beresiko untuk pergi ko toko lain.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.